greting

Selamat datang di dapoernya Diyan, tempat uji coba dan uji nyali untuk belajar cari uang....

Sabtu, 22 Mei 2010

Ayam Panggang Jundi




Bikin Ayam panggang ini untuk Jundi, anakku yang no.2 yang baru aja khatam Iqro. Sudah jadi kebiasaan di keluarga kecilku, kalo selesai Iqro atau khatam Quran ibu bikin sesuatu yang agak beda, khusus buat anak2 ibu. Ini ibu bikin ayam panggang dan Nasi uduk rempah. Bikinnya cepet kok, apalagi kalo semua bahan dah ada dirumah.
Ini Penampakan nasi uduk rempahnya, nasi uduk biasa tapi bumbunya gak disaring, jadi haruuummm dan enakkk banget....

Ini bahan dan cara bikin ayam Panggangnya...

Ayam Panggang Ala Dapoerdiyan

1 ekor ayam ukuran sedang belah dada
500 ml santan
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sdt ketumbar halus
1/4 sdt merica
1/4 jinten
satu ruas kunyit
satu ruas jahe
2 ruas lengkuas
garam secukupnya
gula merah secukupnya
200 ml air kelapa (kalo ada)-----> membuat ayam lebih manis, dapat diganti air biasa.
Daun jeruk beberapa lembar

Cara Membuat :

  • Stelah ayam di belah dadanya, dilumuri dengan air jeruk nipis, cuci berih.
  • Haluskan (aku di blender aja) semua bumbu dengan beberapa bagian santan. Tumis sampai air agak saat, jika sudah hampir saat, masukkan minyak goreng sedikit, tumis sampai wangi
  • tuang sisa santan sampai mendidih sambil diaduk, masukkan ayam,rendam dengan bumbu dengan api sedang, tutup. Sesekali diaduk dan dibalik, jika sudah cukup empuk dan bumbu meresap, matikan.
  • Taruh ayam dalam loyang beralas aluminium Foil, panggang. Sisa bumbu di masak sampai saat, tambahkan 3 sdm kecap, masak sampai mendidik kecapnya, sesekali oles ayam dengan sisa bumbu, tutup ayam dengan alumunium foil. Jika sudah empuk matikan.
  • Untuk menambah warna brown nya, oles dengan campuran mentega dengan kecap, pindahkan di rak atas, panggang sampai kecoklatan.

Sambal Terasi
Cabe rawit merah, cabe merah, terasi, tomat, garam, gula merah. Blender semua jadi satu, tumis sampai airnya saat. Jika airnya sudah saat, tambahkan minyak sedikit, goreng sampai matang dan wangi terasi

Tidak ada komentar: