greting

Selamat datang di dapoernya Diyan, tempat uji coba dan uji nyali untuk belajar cari uang....

Sabtu, 03 Juli 2010

Step by step membentuk Roti

Untuk mendapatkan roti yang halus dan empuk, bergantung dari pengadukan menjadi adonan yang kalis. Jika adonan telah kalis, pastikan adonan dapat ditarik lentur membentuk membran tipis. Jika kondidi adonan telah seperti itu,artinya adonan telah dapat di bentuk dan tidak lengket ditangan. Biasanya adonan yang empuk dan tidak terlalu kenyal akan membuat roti juga empuk dengan tekstur yang halus. Ini bisa dihasilkan dari penggunaan susu dingin sebagai penggati air es .
Setelah adonan kalis elastis, bulatlkan adonan dalam baskom, tutup dengan lap/plastik istirahatkan selama 15-20 menit. jika udara dingin, aku suka masukkan dalam oven tertutup (tidak dalam kondisi api menyala ya.. :)) , kemudian masukkan air hangat dalam panci, untuk membantu proses pengembangan adonan.

Jika adonan telah mengembang dan naik,lanjutkan proses potong timbang. Timbang dulu semua adonan, kemudian dibagi dengan jumlah roti jadi yang diinginkan. Aku biasanya 40 gram tiap potongnya. Hasilnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Untuk roti mini dapat dipotong ukuran 25 gr.
Setelah selesai potong timbang, lanjutkan dengan proses rounding. Ini akan menentukan mulus tidaknya permukaan roti. Memang memerlukan latihan yang lumayan lama untuk dapat menghasilkan rounding yang mulus. Tapi pasti bisa... :) Foto rounding nyusul aja ya...


Setelah Rounding, adonan kembali diistirahatkan kembali dalam oven selama 20 menit.

Kemudian setelah adonan mengembang kembali adonan siap diisi dengan berbagai macam isian,
cara mengisi filling roti, bulatan roti ditekan dengan rolling pin kecil mulai dari tengah ke arah belakang dan depan
Kemudian kekiri dan kekanan Setelah rata taruh filling/isian roti di sisi atas.Tutup dengan menariknya dengan ujung jari, seperti gerakan melipat kecil Lakukan hingga adonan dapat berbentuk bulat cantik dan mulus.
Adoanan siap di profing, aku biasanya dimasukkan kembali ke oven (masih belum dinyalakan ya) . Air dalam oven yang untuk memanaskan ruangan oven dapat dipanaskan dulu diatas kompor, sehingga adonan dapat lebih cepat mengembang.
Jika sudah cukup mengembang ( kurleb 40- 60 menit) oven dapat dipanaskan dengan suhu 170- 190 derajad, roti dioles permukaannya dengan olesan ( Susu evaporated dan kuning telur diaduk). Panggang kurleb 15 menit.
Maka jadilah roti cantik dan empuk buatan sendiri ;)

1 komentar:

TheCAKE mengatakan...

duh uda lama gak buat roti liat blog post ini jd pengen buat tp pegel euy ngulenin nya hehehe :)